Apa fungsi dari sebuah TEKS?
Tulisan yang saya tulis di sini adalah tulisan Michael Swan yang saya baca dari website British Council di laman https://www.teachingenglish.org.uk/article/using-texts-constructively-what-are-texts.
Sebuah bahasa, pada dasarnya emiliki tiga struktur pembelajaran bahasa, yakni ekstensive, intensif dan analisa. Anak-anak mempelajari bahasa ibu mereka karena mendapatkan input yang banyak dari sumber bahasa di sekitar mereka. Sumber bahasa tersebut dapat berbentuk banyak hal, seperti lagu, cerita, lagu pengantar tidur, yang mana diulang-ulang, diasimilasikan, diingat serta secara tidak sadar dianalisa. Anak juga mendapat informasi secara eksplisit tentang bahasa meski mereka tidak tahu betul tentang tata bahasa dan pengucapan dan mereka meminta informasi tentang kosakata baru.
Pembelajar bahasa kedua tidak jauh berbeda dengan anak-anak yang mempelajari bahasa ibu. Mereka juga memerlukan input dan eksposure yang luar biasa dari bahasa tulis dan bahasa lisan, apakah itu asli atau tidak untuk proses pemerolehan bahasa mereka. Day dan Bamford 1998 dan Alan Maley 2009 merupakan contoh yang bagus tentang ER. Cook 2000 menyebutkan bahwa siswa memerlukan interaksi yang intensif dengan sedikit contoh bahasa yang dapat mereka gunakan.
Tiga jenis output: Extensive, Intensive, dan Analisa
Input adalah sebagian dari cerita. Murid biasanya belajar maksimal dengan sering menggunakannya. Weir 1970 mengatakan bahwa beberapa anak-anak cenderung untuk menghasilkan analisis output, naming things dan mencoba beberapa variasi yang mereka sudah terbiasa. Proporsi untuk masing-masing output biasanya didasarkan pada kebutuhan pemelajar, level mereka dan ketersediaan setiap element (bagian).
Apa yang sebuah teks dapat lakukan?
memberikan intensive input yang dibutuhkan oleh semua siswa.
Bagaimana biasanya teks berfungsi?
Biasanya guru menggunakan teks sebagai media untuk mempelajari kata, ekspresi atau struktur serta mendapatkan ide dari teks tersebut, membaca nyaring serta menerjemahkan teks tersbeut. Atau terkadang siswa mengerjakan PR mereka untuk menulis tentang topik yang berkaitan atau tidak berkaitan sama sekali. Ada juga yang menggunakan teks tertulis untuk mengajar kemampuan membaca. Teks tersebut dilengkapi dengan beberapa latihan yang mengharuskan siswa untuk memprediksi, membaca cepat, mengidentifikasi ide pokok, menjodohkan antara topik dengan paragraf serta mengurutkan teks yang ada (Walter dan Swan 2008).
memberikan intensive input yang dibutuhkan oleh semua siswa.
Bagaimana biasanya teks berfungsi?
Biasanya guru menggunakan teks sebagai media untuk mempelajari kata, ekspresi atau struktur serta mendapatkan ide dari teks tersebut, membaca nyaring serta menerjemahkan teks tersbeut. Atau terkadang siswa mengerjakan PR mereka untuk menulis tentang topik yang berkaitan atau tidak berkaitan sama sekali. Ada juga yang menggunakan teks tertulis untuk mengajar kemampuan membaca. Teks tersebut dilengkapi dengan beberapa latihan yang mengharuskan siswa untuk memprediksi, membaca cepat, mengidentifikasi ide pokok, menjodohkan antara topik dengan paragraf serta mengurutkan teks yang ada (Walter dan Swan 2008).
Komentar
Posting Komentar