Learning strategies

 Strategi belajar

- usaha, tingkah laku, langkah atau teknik tertentu yang murid lakukan untuk meningkatkan usaha mereka dalam mengembangkan bahasa kedua mereka (Oxford, 1993 hal 18)

- strategi belajar membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi di bahasa kedua mereka

- murid menjadi lebih baik dalam hal belajar bahasa


Tipe strategi belajar (O'Malley, 1985)

- Strategi metacognitive: mengevaluasi kebutuhan dan gaya belajar seseorang, merencanakan tugas dan aktifitas, mengawasi perkembangan, dan mengevaluasi keefektifitasan media. Contoh pertanyaan: apa yang sudah saya tahu tentang topik ini?, saya bingung ketika ..., atau hal ini mengingatkan saya tentang ...

- Strategi cognitive: pencatatan, menggunakan media, pengulanga, menggunakan media, mengindentifikasi kata kunci.  Contoh: menulis pertanyaan berdasarkan topik, mewarnai kata kunci untuk nama, tanggal atau contoh, mengembangkan pola pikir.

- Strategi socio-affective: berbagi ide, mengklarifikasi informasi, memotivasi diri sendiri, dan mengajukan pertanyaan. Contoh: mengijinkan murid untuk teman kelompoknya, mengelompokkan siswa dengan cara yang unik, misalnya yang bulan lahirnya sama.


Dasar dari berpikir kritis

- Creating: designing, planning, producing, inventing

- Evaluating: justifying decision, critiquing, judging 

- Analyzing: breaking information into parts and exploring relationships between parts

- Applying: using information in another familiar situation

- Understanding: explaining ideas, summarizing, interpreting, classifying

- Remembering: recalling information, listing, describing, naming



Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAP: Reading text for nursing students

Simple Past Tense

KALIMAT DAN KALIMAT EFEKTIF DALAM PENULISAN (2)