Learning strategies
Strategi belajar
- usaha, tingkah laku, langkah atau teknik tertentu yang murid lakukan untuk meningkatkan usaha mereka dalam mengembangkan bahasa kedua mereka (Oxford, 1993 hal 18)
- strategi belajar membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi di bahasa kedua mereka
- murid menjadi lebih baik dalam hal belajar bahasa
Tipe strategi belajar (O'Malley, 1985)
- Strategi metacognitive: mengevaluasi kebutuhan dan gaya belajar seseorang, merencanakan tugas dan aktifitas, mengawasi perkembangan, dan mengevaluasi keefektifitasan media. Contoh pertanyaan: apa yang sudah saya tahu tentang topik ini?, saya bingung ketika ..., atau hal ini mengingatkan saya tentang ...
- Strategi cognitive: pencatatan, menggunakan media, pengulanga, menggunakan media, mengindentifikasi kata kunci. Contoh: menulis pertanyaan berdasarkan topik, mewarnai kata kunci untuk nama, tanggal atau contoh, mengembangkan pola pikir.
- Strategi socio-affective: berbagi ide, mengklarifikasi informasi, memotivasi diri sendiri, dan mengajukan pertanyaan. Contoh: mengijinkan murid untuk teman kelompoknya, mengelompokkan siswa dengan cara yang unik, misalnya yang bulan lahirnya sama.
Dasar dari berpikir kritis
- Creating: designing, planning, producing, inventing
- Evaluating: justifying decision, critiquing, judging
- Analyzing: breaking information into parts and exploring relationships between parts
- Applying: using information in another familiar situation
- Understanding: explaining ideas, summarizing, interpreting, classifying
- Remembering: recalling information, listing, describing, naming
Komentar
Posting Komentar