Modul 8: Student Metacognition and self regulation

4 kapasitas anak menurut kurikulum di Skotlandia, yakni (1) pemelajar yang sukses, (2) individu yang percaya diri, (3) masyarakat yang bertanggung jawab, (4) kontribusi yang efektif. 

Sedangkan di Singapura, tujuan dari sekolah adalah untuk mendidik generasi muda untuk menjadi percaya diri, lebih terarah, mampu untuk berkontribusi dalam kerja kelompok, berani mengambil resiko dan warga negara yang peduli. 

self regulated adalah kemammpuan diri sendiri untuk mengatur tingkah laku, emosi dan pemikiran untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Menurut Zimmerman (2002), self regulation dapat dibagi menjadi tiga fase, yakni (1) forethought yakni proses reflektif yang didahului oleh tindakan, (2) volitional control dimana self monitoring mengambil alih ketika menjalankan tugas, (3) self reflection. 

Guru dapat memperkuat self regulated learning process dengan beberapa cara, yakni (1) mengklarifikasi apa yang dimaksud dengan penampilan yang bagus, (2) memfasilitasi self assessment, (3) menyampaikan fedback informasi yang berkualitas tinggi, (4) mendukung dialog dengan guru dan teman. 


How to write an ELT Conference Abstract (Sowell)
by reading this article, I found that there is move that we can use to help us in composing abstract. This move was adapted from Halleck and Connor (2006) and Payant and Hardy (2016)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARCS Model

Pengajaran bahasa tradisional, modern dan post modern

Seleksi Tertulis PPAN Jateng 2017